Robi Sugara, 135030131 (2017) PEMBELAJARAN MENELAAH POLA PENYAJIAN DAN KEBAHASAANTEKS IKLAN, SLOGAN ATAU POSTER DENGAN MENGUNAKAN METODE TINK PAIR AND SHARE DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda(Ringkesan).pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indo.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrack ENG.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (586kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Membaca merupakan suatu aktivitas alternatif untuk menangkap ide, gagasan, dan pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagaian orang, membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang dibaca dapat menambah wawasan yang luas. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menelaah Pola Penyajian dan Kebahasaan Teks Iklan, Poster atau Slogan dengan Menggunakan Metode Think Pair and Share di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Bandung”. Rumusan masalah ini meliputi kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan atau poster, kemampuan peserta didik dalam menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, poster atau slogan, keefektifan metode think pair and share dalam pembelajaran menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, poster atau slogan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Bandung. Metode pembelajaran adalah metode think pair and share dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan analisis. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan atau poster, dapat dibuktikan dari hasil penilaian guru Bahasa Indonesia mengenai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Penulis mendapatkan nilai rata-rata 3,33 dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, poster atau slogan. Peserta didik mampu menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan atau poster, dapat dibuktikan dari hasil pretes dengan rata-rata 24,07 dan hasil postes dengan rata-rata 66,55. Perbedaan tersebut menunjukkan selisih 42,48. Metode think pair and share efektif digunakan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Bandung, dapat dibuktikan dari hasil uji statistik dengan menunjukkan thitung>ttabel, yaitu 12,49>2,060 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 26. Dengan demikian, penulis menyimpulkan penelitian tersebut menunjukkan keberhasilan. Kata Kuci: Pembelajaran, menelaah, pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan atau poster, metode think pair and share.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 06:26 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 06:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29148 |
Actions (login required)
View Item |