PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA

YUNI PURWANTI, 135060285 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I YUNI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II YUNI.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III YUNI.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
BAB IV YUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V YUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotor dengan menerapkan model problem based learning pada subtema kekayaan sumber energi di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Cicalengka 05 kabupaten Bandung dan dilatar belakangi keadaan hasil belajarsiswa yang mencakup ranah afektif, kognitif, dan psikomotor masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan dua pembelajaran pada setiap silusnya digunakan tes yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa termasuk pada ranah afektif khususnya sikap peraya diri, peduli, dan tanggung jawab siswa. Hasil yang diperoleh siklus I menunjukkan sikap percaya diri diatas KKM yaitu 43,3%, sedangkan sikap peduli yang memiliki nilai diatas KKM hanya 46,7% dan sikap tanggung jawab siswa di atas KKM hanya 50%. Hasil tersebut tidak jauh berbeda dengan nilai Pemahaman yaitu 46,7% dan keterampilan yaitu hanya 53,3% yang mendapat nilai diatas KKM. Sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan hasil sikap percaya diri 56,7%, sikap peduli 53,3%, sikap tanggung jawab 60%, nilai pemahaman siswa 60% dan nilai keterampilan siswa 63,3%. Hasil belajar siklus III diantaranya pada ranah afektif yaitu nilai sikap percaya yaitu 83,3%, sikap peduli mencapai 80%, dan sikap tanggung jawab 86,7% yang mencapai nilai diatas KKM. Nilai kognitif atau pemahaman siswa yang mendapat nilai diatas KKM mencapai 83,3%, dan nilai keterampilan berkomunikasi atau psikomotor siswa mendapat 80%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan dengan penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kekayaan sumber energi di Indonesia di kelas IV SDN Cicalengka 05. Kata Kunci: Problem based learning, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:40
Last Modified: 06 Sep 2017 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29092

Actions (login required)

View Item View Item