Nissa Nur Qomariah, 135020005 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI (Studi Quasi Eksperimen Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran I SMKN 3 Bandung Pada Sub Tema Laporan Keuangan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (522kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran I SMKN 3 Bandung”. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih relatif rendah dan belum mencapai hasil yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran quantum teaching antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 3 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperimental. Dalam metode ini menggunakan penelitian pretest dan posttest yang bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian melalui tes awal sebelum menggunakan model pembelajaran quantum teaching diperoleh nilai rata-rata hasil pretest yaitu 40,44 dan berada pada kategori rendah. Kemudian dilaksanakan tes akhir setelah menggunakan model pembelajaran quantum teaching diperoleh nilai rata-rata hasil posttest yaitu 91,15 dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan setelah dihitung N-Gain yaitu sebesar 0,855 dikategorikan tinggi, karena 0,8555 g> 0,70. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran quantum teaching antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 3 Bandung. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model quantum teaching lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan model tutor sebaya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, untuk selanjutnya penulis memberikan saran agar guru dapat menciptakan suasana belajar yang lebih meriah, menyenangkan dan bernuansa agar menjadi pendorong bagi siswa untuk lebih aktif, ikut berpartisipasi, dan lebih tertarik pada pembelajaran. Kata Kunci : Model pembelajaran Quantum Teaching, peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 06:39 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 06:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29049 |
Actions (login required)
View Item |