PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Pokok Bahasan Biaya Produksi di SMK Nasional Bandung)

RIDWAN NURHAKIM, 135020095 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Pokok Bahasan Biaya Produksi di SMK Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi yang kami ajukan dalam karya tulis ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Menggunakan Media Power Point Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh aktivitas belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada kelas eksperimen (X AP-2) dan metode pembelajaran konvensional (ceramah) pada kelas kontrol (X AP-1). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengolahan data yang diperoleh angka R sebesar 0,435. Hal ini menunjukan bahwa terjadi pengaruh yang cukup kuat antara model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap aktivitas belajar. Besar kontribusi yang diberikan oleh variabel model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dilihat dari R Square. Berdasarkan tabel diperoleh R Square 0,189 yang berarti pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap aktivitas belajar sebesar 18,9% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di dalam maupun di luar diri siswa dan lingkungan belajarnya. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan media Power Point dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Serta memiliki pengaruh sebesar 18,9% terhadap aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Seluruh guru diharapkan untuk terus berusaha dalam melakukan inovasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada seluruh guru diharapkan untuk terus berusaha dalam melakukan inovasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, terutama dalam hal pemilihan suatu model pembelajaran yang tepat serta hendaknya mengetahui karakteristik dari masing-masing peserta didik, agar dalam proses belajar tidak terjadi kesalahan yang berarti. Dan saran bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti dengan menggunakan model pembelajaran lain untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2017 05:55
Last Modified: 28 Aug 2017 05:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28953

Actions (login required)

View Item View Item