PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA BUMI BAGIAN DARI ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas ini Pada Tema Bumi dan Alam Semesta Siswa Kelas III SDN Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/ 2017)

Romini, 135060019 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA BUMI BAGIAN DARI ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas ini Pada Tema Bumi dan Alam Semesta Siswa Kelas III SDN Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/ 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS. INGGRIS ALLAHUAKBAR.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ASBSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yang dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang kurang. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga mengakibatkan kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa di bawah KKM 7,5. Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan kepada guru untuk menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat menumbuhkan aktivitas dan hasil belajar siswa, yang berdampak langsung pada prestasi belajar siswa kelas III SDN Asmi. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukan adanya peningkatan. Pada siklus I sikap peduli 36%, sikap santun 44%, sikap tanggung jawab 52%. Pada siklus II sikap peduli 56%, sikap santun 52%, sikap tanggung jawab 65%, siklus III sikap peduli 36%, sikap santun 52%, sikap tanggung jawab 56%, pada siklus I hasil belajar siswa meningkat 68% dari hasil awal 40%. Pada siklus II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 88%. Pada siklus III data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus II sebanyak 100%. Pada siklus I aktivitas 2,45%, siklus II 3,36%, siklus III 3,72%. Hal ini dikarnakan penerapan model pembelajaran discovery learning akan membuat peserta didik menemukan sendiri konsep dan gagasan dalam pembelajaran. Model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran, karena model ini mengutamakan proses penemuan untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahapan- tahapan yang dapat melatih kemampuan siswa baik pada ranah kognitif, afektif, maupun pisikomotor. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Aug 2017 05:14
Last Modified: 26 Aug 2017 05:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28910

Actions (login required)

View Item View Item