IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA

Asep Suhendra, NPM : 138060047 (2017) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
COVER TESIS.docx

Download (38kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (39kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)

Abstract

Asep Suhendra (2017). “Implementasi Problem Based Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Pemecahan Masalah Matematis Serta Sikap Terhadap Matematika Siswa”. Fakultas Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran dan pemecahan masalah serta sikap terhadap matematika siswa. Penelitian ini mengkaji tentang, Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Serta Sikap Terhadap Matematika Siswa dan perbedaan antara siswa yang menerapkan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, serta hubungan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah serta sikap terhadap matematika siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods tipe embedded. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Talaga yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017.Sampel yang digunakan adalah dua kelas dari 5 kelas yang ada.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument tes kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa, skala sikap, lembar observasi, angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rerata yaitu Uji-t (kuantitatif) dan deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menerapkan strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional 2)Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. 3) Terdapat hubungan antara kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa, 4) sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan penalaran matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Serta Sikap Terhadap Matematika.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:48
Last Modified: 19 Jul 2017 03:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28356

Actions (login required)

View Item View Item