STUDI MENGENAI MAJALAH MINGGUAN MANGLE DALAM MEREGENERASI REDAKTUR UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI MAJALAH BERBAHASA SUNDA

MIRANDA GISHELLA, 152050477 (2017) STUDI MENGENAI MAJALAH MINGGUAN MANGLE DALAM MEREGENERASI REDAKTUR UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI MAJALAH BERBAHASA SUNDA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. Cover skripsi Miranda G.docx

Download (84kB)
[img] Text
5. ABSTRAK, ABSTRACT, RINGKESAN Miranda G.docx

Download (20kB)
[img] Text
11. Bab I Pendahuluan Miranda G.docx

Download (32kB)
[img] Text
12. Bab II Kajian Pustaka dan kerangka pemikiran Miranda G.docx

Download (54kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka Miranda G.docx

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Miranda G.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Miranda Gishella, 152050477, 2017. Skripsi ini berjudul Studi Mengenai Majalah Mingguan Mangle dalam Meregenerasi Redaktur untuk Mempertahankan Eksistensi sebagai Majalah Berbahasa Sunda. Pembimbing Dra. Hj. Yulia Segarwati, M.Si, Peminatan Jurnalistik, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan, Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regenerasi redaktur yang dilakukan Mangle untuk mempertahankan eksistensinya sebagai majalah berbahasa Sunda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan kepala bagian umum, pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, dan sekretaris redaksi Mangle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam regenerasi redaktur Mangle dilakukan dengan merekrut pegawai magang, dan penulis berbakat. Kendalanya yaitu, tampilan dan isi majalah Mangle yang kurang diminati genersi muda, minat dan kemampuan generasi muda pada bahasa Sunda. Kendala tersebut mempengaruhi Mangle dalam meregenerasi redakturnya. Mangle mengambil sikap untuk menghadapi kendala tersebut dengan menjadikan wartawan juga sebagai redaktur dan mengintensifkan hubungan dengan para koresponden majalah Mangle. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan Mangle sebagai majalah berbahasa daerah yaitu Sunda memiliki cara dan prinsip tersendiri yang ideal baginya dalam meregenerasi redakturnya untuk mempertahankan eksistensi sebagai majalah berbahasa Sunda, namun hampir semua kegiatan birokrasi yang dilakukan Mangle sejalan dengan prinsip dan analisis keidealan birokrasi menurut Max Weber .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Jun 2017 07:12
Last Modified: 15 Jun 2017 07:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28114

Actions (login required)

View Item View Item