POLA KOMUNIKASI ANAK ASUH DI YAYASAN PANTI ASUHAN ULUL AZMI KOTA CIMAHI (Studi Interaksi Simbolik Tentang Pola Komunikasi Interpersonal Anak Asuh di Yayasan Panti Asuhan Ulul Azmi Kota Cimahi)

Asri Widi Astuti, 132050110 (2017) POLA KOMUNIKASI ANAK ASUH DI YAYASAN PANTI ASUHAN ULUL AZMI KOTA CIMAHI (Studi Interaksi Simbolik Tentang Pola Komunikasi Interpersonal Anak Asuh di Yayasan Panti Asuhan Ulul Azmi Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
cover.docx

Download (30kB)
[img] Text
lembar pengesahan kosong.docx

Download (14kB)
[img] Text
3. Abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
7 BAB II.docx

Download (72kB)
[img] Text
6 BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
10 Daftar Pustaka WIDi.docx

Download (21kB)
[img]
Preview
Image
lembar penegsahan ttd pa rasman.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pola Komunikasi Anak Asuh dan Pengasuh di Yayasan Panti Asuhan Ulul Azmi Kota Cimahi (Studi Interaksi Simbolik Tentang Pola Komunikasi Interpersonal Anak Asuh di Yayasan Panti Asuhan Ulul Azmi Kota Cimahi). Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal anak asuh di Yayasan Panti Asuhan Ulul Azmi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yag digunakan adalah teori Interaksi Simbolik George Herbert Mead. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaandan mempelajari buku- buku referensi, observasi langsung ke lapangan, wawancara mendalam. Informan dari penelitian ini adalah anak asuh, pengasuh dan masyarakat skitar Yayasan Panti Asuhan Ulul Azmi. Adapun informan kunci adalah anak asuh dan pengasuh di Yayasan Panti Asuhan Ulul Azmi. Berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian, dapat diperoleh bahwa komunikasi Anak Asuh dan Pengasuh di Yayasan Panti Aasuhan Ulul Azmi berpola komunikasi dua arah. Di mana terjadi proses komunikasi interpersonal antara anak asuh dan Pengasuh, dalam tahap ini anak asuh menceritakan permasalahan yang sedang dihadapinya lalu pengasuh melakukan pendekatan dan memberi motivasi juga saran sehingga terberentuk konsep diri anak yang positif yang menjadikannya terbuka kepada orang lain. Karena keterbukaanya, pikirannya pun menjadi luas sehingga ketika berinteraksi dengan pengasuh yang dianggapnya dekat yang muncul hanyalah nilai positif seperti kesenangan dan pikiran positif, sehingga anak asuh menjadi pribadi yang dapat mengatasi diri di lingkungan luar Yayasan atau dengan masyarakat. Setelah melakukan penelitian mengenai pola komunikasi di Yayasan Panti Asuhan Ulul Azmi, peneliti menyarankan agar membuat acara khusus mengenal antara satu anak dengan anak lainnya, seperti kegiatan sharing yang dilaksanakan secara rutin, membuat kegiatan penyaluran hobi anak-anak, agar semakin berkembang pribadi anak asuh.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:23
Last Modified: 09 Jun 2017 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27758

Actions (login required)

View Item View Item