KERJASAMA USAID (UNITED STATES AGENCY FOR INTERNATIONAL DEVELOPMENT) DAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA

Gina Sandy Ganiya, 132030193 (2017) KERJASAMA USAID (UNITED STATES AGENCY FOR INTERNATIONAL DEVELOPMENT) DAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.docx

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (12kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan tatanan dunia internasional, muncul komitmen-komitmen organisasi internasional dalam melakukan perbaikan taraf hidup dan pembangunan bagi masyarakat dunia. Salah satu organisasi internasional yang berperan dalam hal ini adalah USAID, sebuah lembaga bantuan Amerika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kerjasama USAID dan Indonesia dalam bidang pendidikan. Merujuk pada Kemitraan Komperehensif antara Amerika dan Indonesia, maka di luncurkan sebuah program pendidikan bernama PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrator and Student). Program PRIORITAS merupakan program lima tahun, yang mengutamakan pembaharuan, inovasi serta kesempatan bagi guru, tenaga non-kependidikan, dan siswa. Program ini bekerja sama dengan mitra di tingkat nasional maupun lokal. USAID PRIORITAS bekerja di 93 daerah mitra di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua, dan Papua Barat. Sampai saat ini masih dilaksanakan implementasi program PRIORITAS di seluruh sekolah mitra dan LPTK. Program ini juga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode penelitian yang menggambarkan kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa berdasarkan data dan fakta yang ada dan sedang berlangsung, untuk menghasilkan analisis mengenai pengaruh kerjasama USAID dan Indonesia dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan, yaitu usaha mencari dan mengumpulkan data serta informasi berdasarkan penelaahan atau referensi, baik yang bersumber dari buku teks, majalah, surat kabar, artikel, internet maupun dokumen laporan tentang hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti. Beberapa implementasi program yang saat ini sudah dan sedang dilaksanakan yaitu: Program Penataan dan Pemerataan Guru, Program Keprofesian Berkelanjutan, Program Sekolah Acuan, Program Diseminasi Praktik-praktik yang Baik, Program Whole-School Development (WSD), Program Membaca Kelas Pemula, dan Program Buku Bacaan Berjenjang. Adapun untuk hasil pencapaian program PRIORITAS dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan diantaranya: peningkatan kualitas kurikulum, peningkatan kualitas manajemen dan tata kelola, peningkatan penganggaran pendidikan dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Kata Kunci: Kerjasama Internasional, Organisasi Internasional, USAID, Indonesia, Pendidikan, Kualitas Pendidikan, PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrator and Student).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 31 May 2017 04:32
Last Modified: 31 May 2017 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27451

Actions (login required)

View Item View Item