ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA (Studi Pelayanan Kebutuhan Dasar pada Dinas Kesehatan, Dinas Dikpora, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan di Kota Bima Nusa Tenggara Barat)

DARWIS, NPM : 119213020 (2014) ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA (Studi Pelayanan Kebutuhan Dasar pada Dinas Kesehatan, Dinas Dikpora, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan di Kota Bima Nusa Tenggara Barat). Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (148kB)
[img] Text
BAB I, II.docx

Download (296kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx

Download (19kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah pelayanan prima bidang pelayanan kebutuhan dasar masyarakat di Kota Bima. rendah. Hal ini diduga disebabkan belum dijalankannya implementasi kebijakan dan penerapan prinsip-prinsip good governance oleh Dinas Kesehatan, Dinas Dikpora dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan di Kota Bima. Pendekatan dalam penelitian ini dengan menggunakan teori implementasi kebijakan dengan prinsip komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur organisasi birokrasi, teori penerapan prinsip-prinsip good governance yang terdiri dari prinsip partisipasi, rule of law, transparansi, responsiveness, equity, efektif dan efisien, akuntabilitas dan strategic vision. Sedangkan pelayanan prima dengan prinsip kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggungjawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan dan keramahan, dan kenyamanan. Metode yang digunakan adalah explanatory survey yaitu metode yang bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian yang telah dirumuskan sebelumnya. Disamping itu metode ini dimaksudkan untuk melakukan pengujian hipotesis dan menginterpretasikan data secara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan dan penerapan prinsip-prinsip good governance telah memberikan pengaruh besar dan signifkan terhadap prinsip pelayanan prima bidang pelayanan kebutuhan dasar masyarakat di Kota Bima. sebesar 86%, sedangkan variabel lain yang tidak diteliti (epsilon) sebesar 14%. Secara parsial implementasi kebijakan memberikan pengaruh paling besar (47%) dibandingkan penerapan prinsip-prinsip good governance (39%) terhadap pelayanan prima bidang pelayanan kebutuhan dasar masyarakat di Kota Bima. Adapun prinsip dari implementasi kebijakan yang besar pengaruhnya adalah prinsip sumber daya (13%), sedangkan prinsip yang paling kecil adalah prinsip disposisi (7%). Prinsip yang paling besar pengaruhnya dari penerapan prinsip-prinsip good governance adalah prinsip partisipasi (8%), sedangkan prinsip yang paling kecil adalah prinsip strategic vision (2%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa implementasi kebijakan dan penerapan prinsip-prinsip good governance sangat dominan pengaruhnya terhadap pelayanan prima bidang pelayanan kebutuhan dasar masyarakat pada Dinas Kesehatan, Dinas Dikpora dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan di Kota Bima. Oleh karena itu menjadi prioritas utama untuk dilaksanakan supaya pelayanan prima bidang pelayanan kebutuhan dasar masyarakat meningkat.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Apr 2017 10:01
Last Modified: 27 Apr 2017 10:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27216

Actions (login required)

View Item View Item