PENGUATAN PERAN BIROKRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI WILAYAH PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA (STUDI DI WILAYAH SEBATIK KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA )

Bambang Saputra, NPM. 119213024 (2014) PENGUATAN PERAN BIROKRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI WILAYAH PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA (STUDI DI WILAYAH SEBATIK KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA ). Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (148kB)
[img] Text
ABTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (27kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I, II.docx

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguatan birokrasi akan memiliki peran dalam peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan di Wilayah Sebatik Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. Masih banyak persoalan atau fenomena yang terjadi sehubungan dengan peran birokrasi yang berimplikasi kepada kualitas pelayanan publik. Dapat dirumuskan masalah “bagaimana penguatan birokrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia khususnya di Wilayah Sebatik Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif, adapun teknik penentuan informan digunakan purposive dengan rincian Bupati Nunukan; Konsulat Tawau; Anggota DPRD; Tokoh masyarakat; Para Kepala Dinas; Para Camat dan Tokoh Masyarakat serta LSM. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran birokrasi yang dilihat dengan five core strategies belum begitu kuat, masih dihadapkan kepada persoalan kompetensi aparatur dan kelembagaan sehingga belum mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan demikian persoalan penguatan peran birokrasi di wilayah Sebatik memiliki kompleksitas yang khas sebagai wilayah perbatasan negara yang memerlukan perlakuan khusus didalam manajemen pemerintahan, termasuk dalam kontek peningkatan kualitas pelayanan publik. Sehingga untuk penguatan peran birokrasi dalam peningkatan kualitas publik di Wilayah Sebatik terkait dengan five core strategies diperlukan penambahan core kompetensi dan kewenangan organisasi birokrasi lokal dalam lingkup capacity building dengan memperhatikan kearifan lokal. Kata Kunci : Penguatan peran birokrasi, five core strategies, kualitas pelayanan publik

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Apr 2017 09:39
Last Modified: 27 Apr 2017 09:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27214

Actions (login required)

View Item View Item