PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DALAM PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SEPIHAK OLEH PERUSAHAAN BERDASARKAN UU NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Arizona Maha Dewa, NPM : 148040006 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DALAM PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SEPIHAK OLEH PERUSAHAAN BERDASARKAN UU NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
COVER UP.docx

Download (65kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI NEW.docx

Download (23kB)
[img] Text
ALL 2.docx

Download (108kB)

Abstract

Perlindungan tenaga kerja Indonesia terhadap pemutusan hubungan kerja sepihak oleh perusahaan menurut UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan adalah segala upaya untuk melindungi kepentingan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dalam mewujudkan terjaminnya pemenuhan hak-haknya sesuai dengan peraturan Perundang-undangan, baik sebelum, selama, maupun sesudah bekerja, perlindungan hukum bagi warga negaranya merupakan hak seluruh warga negara yang dijamin oleh Undang-Undang. Metodologi penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu menggambarkan fakta-fakta berupa data sekunder (data yang sudah ada) yang terdiri dari bahan hukum primer (Perundang-undangan), bahan hukum tersier, kemudian metode pendekatan menggunakan metode yuridis normatif, yaitu metode yang menggunakan sumber-sumber data sekunder, yaitu peraturan Perundang-undangan, teori hukum dan pendapat para ahli hukum. Penelitian dilakukan melalui 2 (dua) tahap yaitu penelitian kepustakaan berupa inventarisasi data sekunder (bahan hukum primer, sekunder, tersier) dan penelitian lapangan yaitu suatu cara memperoleh data yang dilakukan dengan mengadakan observasi untuk mendapatkan keterangan yang akan diolah dan dikaji berdasarkan UUD 1945 dan UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan yaitu pengumpulan data dengan membaca dan menganalisi bahan hukum primer, sekunder dan tersier, studi lapangan yaitu cara memperoleh data dengan metode wawancara dengan narasumber, alat pengumpulan data berupa catatan hasil inventarisasi bahan hukum primer, sekunder dan tersier, penelitian lapangan berupa daftar pertanyaan, tape, flashdisc, analisis data bersifat yuridis kualitatif yaitu data sekunder dan data primer dianalisi tanpa menggunakan rumus statistik. Lokasi penelitian dalam penelitian meliputi perpustakaan dan instansi terkait yaitu di PT. Jaya Makmur Abadi. Akibat hukum atas pemutusan hubungan kerja sepihak oleh PT. Jaya Makmur Abadi terhadap karyawannya yaitupemberian sanksi adminsitrasi terhadap pihak PT. Jaya Makmur Abadi.Perlindungan hukum untuk tenaga kerja Indonesiaterhadap pemutusan hubungan kerja sepihak yang dilakukan PT. Jaya Makmur Abadi terhadap karyawannya dihubungkan dengan UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaanberupa penggantian hak terhadap karyawan yang di-PHK. Upaya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dengan langkah perundingan bipartit dan mediasi dengan mengutamakan unsur musyawarah mufakat antara karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja dan PT. Jaya Makmur Abadi. Kata kunci : Pemutusan, Hubungan, Kerja, Sepihak, Perlindungan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 20 Apr 2017 03:20
Last Modified: 20 Apr 2017 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27180

Actions (login required)

View Item View Item