PENGARUH PENAMBAHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DAN KONSENTRASI BAHAN PENGISI TERHADAP KARAKTERISTIK NUGGET KEONG TUTUT (Bellamnya javanica)

ULFAH NURUL QOLBU, Alumni and Neneng Suliasih, DS and Hasnelly, DS (2016) PENGARUH PENAMBAHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DAN KONSENTRASI BAHAN PENGISI TERHADAP KARAKTERISTIK NUGGET KEONG TUTUT (Bellamnya javanica). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR ISI & INTISARI.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.docx

Download (40kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh penambahan jamur tiram putih dan konsentrasi bahan pengisi yang digunakan terhadap karakteristik nugget keong tutut, Sehingga nantinya dapat menarik minat untuk memanfaatkan keong tutut dan jamur yang dijadikan nugget sebagai pangan fungsional, bernilai gizi tinggi. Metode penelitian yang dilakukan meliputi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu menentukan jenis bahan pengisi yang berbeda (tepung terigu, tapioka dan roti tawar). Penelitian utama yang dilakukan yaitu menetapkan konsentrasi jamur tiram sebagai bahan tambahan dan konsentrasi tapioka terhadap karakteristik nugget keong tutut. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok pola factorial 3x3 dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama yaitu konsentrasi jamur tiram sebagai tambahan (j) yang terdiri dari j1 (5%), j2 (10%), dan j3 (15%), dan faktor kedua yaitu konsentrasi bahan pengisi terpilih yang terdiri dari t1 (5%), t2 (10%), dan t3 (15%). Berdasarkan hasil organoleptik produk terpilih yaitu perlakuan j3t3 (penambahan jamur tiram dan konsentrasi tapioka 15%:15%) dengan daging tutut sebesar 41,9%, kadar protein 11,81%, kadar kalsium (299,18 mg/100 gram).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:42
Last Modified: 09 Feb 2017 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26744

Actions (login required)

View Item View Item