POLA KOMUNIKASI ANTAR UMAT BERAGAMA Studi Komunikasi Antarbudaya Tionghoa dengan Muslim Pribumi di RW 04 Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendi, Kota Bandung

M. Fauzan Mauludi, 122050274 (2017) POLA KOMUNIKASI ANTAR UMAT BERAGAMA Studi Komunikasi Antarbudaya Tionghoa dengan Muslim Pribumi di RW 04 Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendi, Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (41kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (27kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Antar Umat Beragama”. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjalin antara warga etnik Tionghoa dengan Muslim Pribumi di kelurahan Pajajaran Bandung. Tujuan penelitian ini dilakukan karena untuk mengetahui proses komunikasi dalam akulturasi, asimilasi dan enkulturasi budaya yang terjadi pada warga Tionghoa dan Pribumi melalui beberapa variabel-variabel komunikasi dalam akulturasi, asimilasi dan enkulturasi. Serta mengetahui hambatan dan faktor pendukung komunikasi yang terjalin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara, Focus Group Discussion ke beberapa narasumber yang dianggap tepat dalam memberikan informasi dan juga dokumentasi, beberapa data yang bersifat teoritis berupa buku-buku, data-data dari dokumen yang berupa data-data formal, internet dan sebagainya yang bersangkutan dengan judul, peneliti juga melakukan observasi dengan mendatangi langsung lingkungan RW 04 Kelurahan Pajajaran sebagai studi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa Adapun pola komunikasi yang berlangsung antara etnis Tionghua dengan muslim pribumi yaitu: pola komunikasi antarpribadi yang yang terjadi dalam hubungannya dengan masyarkat sekitar. Adapun pola komunikasi kelompok terjadi ketika kedua pihak tersebut berkumpul dalam musyawarah. Pada hambatan komuniaksi salah satunya karena adanya stereotyping yang berkembang dimasyarakat, merasa budayanya paling benar dan lain sebagainya. Serta untuk faktor pendukungnya ialah mengenali diri sendiri, menggunakan kode yang sama, jangan terburu-buru, meningkatkan keterampilan komunikasi dan mengebangkan empati.. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan yaitu bahwa para individu maupun kelompok baik Tionghua maupun muslim pribumi hendaknya bisa membuka diri dan hendaknya menanamkan sikap saling percaya dan pertahankanlah sikap kekeluargaan serta toleransi yang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Feb 2017 06:17
Last Modified: 03 Feb 2017 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15882

Actions (login required)

View Item View Item