MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS DIALOG SEDERHANA MELALUI METODE KONTEKSTUAL (Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SD Negeri Situgunting 4 Bandung Kelurahan Sukahaji Kecamatan Babakan Ciparay Bandung Tahun Ajaran 2013)

Tri Fuzi Lestari, 095060039 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS DIALOG SEDERHANA MELALUI METODE KONTEKSTUAL (Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SD Negeri Situgunting 4 Bandung Kelurahan Sukahaji Kecamatan Babakan Ciparay Bandung Tahun Ajaran 2013). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan diSDN Situgunting 4 Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas V dengan jumlah siswa 30 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran bahasa Indonesia yang kurang baik tidak sesuai dengan yang di terapkan dan dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kemampuan menulis dialog sederhana secara klasikal masih dibawah standar KKM. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kurangnya keaktifan belajar pada diri siswa dalam proses belajar. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar tidak merasa bosan dan kurang kreatif maka diterapkan dengan metode kontekstual sebagai alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana siswa dengan menggunakan metode kontekstual pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Prosedur penelitian terbagi dalam empat tahap kegiatan pada satu putaran (siklus), yaitu : perencanaan - tindakan dan observasi - refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 3,06 dan pelaksanaan pembelajaran siklus II sebesar 3,23. Kemampuan penulis termasuk kategori (Amat Baik). Hasil nilai rata-rata siklus I 63,08 dan nilai rata-rata siklus II 84,33. Peningkatannya sebesar 70,83%. Metode kontekstual efektif digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 8,67, ttabel sebesar 2,04 pada tingkat kepercayaan 100% dan db sebesar 29. Artinya penulis dapat menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, menulis dialog sederhana, metode kontekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 02 Feb 2017 03:52
Last Modified: 02 Feb 2017 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item View Item