Tri Fuzi Lestari, 095060039 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS DIALOG SEDERHANA MELALUI METODE KONTEKSTUAL (Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SD Negeri Situgunting 4 Bandung Kelurahan Sukahaji Kecamatan Babakan Ciparay Bandung Tahun Ajaran 2013). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan diSDN Situgunting 4 Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas V dengan jumlah siswa 30 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran bahasa Indonesia yang kurang baik tidak sesuai dengan yang di terapkan dan dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kemampuan menulis dialog sederhana secara klasikal masih dibawah standar KKM. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kurangnya keaktifan belajar pada diri siswa dalam proses belajar. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar tidak merasa bosan dan kurang kreatif maka diterapkan dengan metode kontekstual sebagai alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana siswa dengan menggunakan metode kontekstual pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Prosedur penelitian terbagi dalam empat tahap kegiatan pada satu putaran (siklus), yaitu : perencanaan - tindakan dan observasi - refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 3,06 dan pelaksanaan pembelajaran siklus II sebesar 3,23. Kemampuan penulis termasuk kategori (Amat Baik). Hasil nilai rata-rata siklus I 63,08 dan nilai rata-rata siklus II 84,33. Peningkatannya sebesar 70,83%. Metode kontekstual efektif digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 8,67, ttabel sebesar 2,04 pada tingkat kepercayaan 100% dan db sebesar 29. Artinya penulis dapat menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, menulis dialog sederhana, metode kontekstual.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 02 Feb 2017 03:52 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 03:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15718 |
Actions (login required)
View Item |