PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL KETUNTASAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MATHLA’UL ANWAR

FARADIFA EVRILLIA HANIYAN, 125020017 (2017) PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL KETUNTASAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MATHLA’UL ANWAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover DIVA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK (Indo) diva.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK (Inggris) diva.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Hasil Ketuntasan Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Mathla’ul Anwar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang didukung dengan masih rendahnya nilai rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA Mathla’ul Anwar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menegetahui bagaimana hasil ketuntasan belajar siswa sebelum pembelajaran sistem ekonomi melalui penerapan strategi metakognitif, 2)untuk mengetahui gambaran hasil ketuntasan belajar siswa sesudah pembelajaran sistem ekonomi melalui penerapan strategi metakognitif, 3) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa kelas X1 dan X2 pada pembelajaran sistem ekonomi melalui strategi metakognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design . Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil postest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian dari hasil postes ini menunjukan perbedaan hasil belajar sebesar 74,00 untuk kelas eksperimen dan 57,00 untuk kelas kontrol. Dari perhitungan diatas didapatkan thitung = 8,769 sedangkan ttabel= 2,055. Sehingga bila dimasukan pada rumus hipotesis thitung> ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat perbedaan hasil ketuntasan belajar siswa antara kelas X1 yang menggunakan strategi metakognitif lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas X2 yang menggunakan strategi konvensional. Dari hasil penelitian merekomendasikan strategi metakognitif dapat meningkatkan hasil ketuntasan belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi. Kata Kunci : Strategi Metakognitif, Hasil Ketuntasan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:57
Last Modified: 31 Jan 2017 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15604

Actions (login required)

View Item View Item