PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENIN GKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( Penelitian Tindakan K elas Pada Materi Alat Pernapasan pada Manusia dan Hew an di Kelas V SD N Sapara ko Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Tahun Ajaran 2016 - 201 7 ) SKRIPSI Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar o leh ULFAH NUR AJRINA NPM 125060025 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 201 7

ULFAH NUR AJRIN, 125060025 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENIN GKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( Penelitian Tindakan K elas Pada Materi Alat Pernapasan pada Manusia dan Hew an di Kelas V SD N Sapara ko Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Tahun Ajaran 2016 - 201 7 ) SKRIPSI Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar o leh ULFAH NUR AJRINA NPM 125060025 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 201 7. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di SDN Saparako Majalaya dengan subjek penelit ian yang berfokus pada siswa kelas V. penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan yaitu kurangnya keberanian siswa untuk men gutarakan pendapat serta hasil belajar siswa masih dibawah KKM . Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui penggunaan model Inquiry pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Alat Pernapasan Manusia dan Hewan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini mencapai hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata - rata siswa pada setiap siklusnya meningkat. Hasil belajar Afektif siklus I yaitu 65% kategori baik dan siklus II 81% . Penilaian Kognitif pada siklus I yaitu 61% dan siklus II 85%. Penilaian Psikomotor pada siklus I yaitu 73% dan siklus II 100%. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan me nerapkan model Inquiry adalah siswa kurang kondusif saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dapat mengondisikan siswa dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Saparako pada pembelaja ran Ilmu Pengetahuan Alam dengan mater i Alat Pernapasan Manusia dan Hewan. Kata kunci: Model Inquiry, h asil b elajar s iswa, hambatan dan upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Jan 2017 04:50
Last Modified: 31 Jan 2017 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15553

Actions (login required)

View Item View Item