PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MISSY YUNIKE DESTIANA SIMARMATA, 125030150 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover, lembar pengesahan.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (hal 1) docx.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 .doc (2-11).doc fix.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (hal 12).doc fix.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
BAB III (hal 28).doc fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV. 44-76.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB V.doc 77 fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc fix.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi meyakinkan orang lain yang bertujuan untuk membujuk maupun meyakinkan orang lain untuk melakukan sesuatu dengan kehendak kita. Model lightening the learning climate adalah model pembelajaran yang dapat membuat suasana belajar meyenangkan dengan cara membuat humor yang berhubungan dengan maetri pembelajaran. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1). Mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi?; (2). mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi berdasarkan kriteria penulisan persuasi?; dan (3). efektifkah model lightening the learning climate digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1). penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi; (2). Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi berdasarkan kriteria penulisan paragraf persuasi; dan (3). Model lightening the learning climate efektif dugunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen denganteknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,57 dan nilai pelaksanaan sebesar 3,5. 2. Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis paragraf persuasi berdasarkan kriteria penulisan paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning climate. Hal ini terbukti dari rata-rata pretes yaitu 38,5 dan nilai rata-rata postes 68,75. Jadi, selisih rata-rata pretes dan postes 30,45 atau setara dengan 30%. 3. Model lightening the learning climate efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 8,54 ≥ 2,09 yakni pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 27. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan di dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, persuasi, lightening the learning climate, paragraf.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:40
Last Modified: 31 Jan 2017 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15519

Actions (login required)

View Item View Item