Deni Ahmad Fauzi, 125060254 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas pada tema Indahnya Kebersamaan, Subtema Bersyukur Atas Keberagaman di Kelas IV Semester 1 SDN Kopo Elok Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSRTAK Sunda.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Inggris.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, dalam penyajian proses pembelajaran Tematik terlihat masih monoton dimana guru masih mendominasi pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang. Selain faktor pengelolaan kelas, kendala yang lain adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat yaitu guru menggunakan model pembelajaran ceramah yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran dan siswa hanya sebagai pendengar sehingga menimbulkan pembelajaran yang pasif juga membosankan. Begitu juga respon siswa kurang senang dengan gaya mengajar guru yang pada akhirnya hasil belajar siswa rendah. Adapun model penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus yang mana pada setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya pre test, post test, lembar kerja kelompok, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Penelitian ini bertujuan menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di kelas IV SDN Kopo Elok, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung dengan menggunakan model Inquiry terbimbing. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry terbimbing dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dengan persentase 89,3% dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklus yaitu pada siklus I rataratanya 78 dan pada siklus II rata-ratanya mencapai 82,5. Hasil tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry terbimbing dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV . Kata kunci: inquiry terbimbing, percaya diri, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 06:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 06:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15414 |
Actions (login required)
View Item |