PEMBELAJARAN MENGANALISIS NILAI MORAL TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Novia Tri Wahyuningsih, 125030001 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS NILAI MORAL TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembacaa untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. Model pembelajaran yang digunakan dalam peneltian ini yaitu discovery learning. Model discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengatur sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri. Tujuan yang penulis ajukan adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis nilai moral teks cerita pendek menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung; untuk mengetahui keefektifan model discovery learning digunakan dalam pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung. Adapun rumusan masalah dalam dalam penelitian ini yaitu 1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung? 2)Mampukah siswa kelas XI SMA Nasional Bandung menganasalisis nilai moral teks cerita pendek menggunakan model discovery learning? 3)Efektifkah model discovery learning digunakan dalam pembelajaran menganalis nilai moral teks cerita pendek? Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian ini eksperimen semu (quasy ekperiment) dengan desain yaitu one group pretest-postest design. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. a. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan, penulis mendapatkan nilai rata-rata 3,55. b. Siswa kelas XI mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes 39,1 dan nilai rata-rata postes 80,4, sehingga selisih antara hasil pretes dan postes 41,3. c. Model discoevry learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil dengan hasil

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:15
Last Modified: 30 Jan 2017 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item