Novia Tri Wahyuningsih, 125030001 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS NILAI MORAL TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
ABTRACT.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembacaa untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. Model pembelajaran yang digunakan dalam peneltian ini yaitu discovery learning. Model discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengatur sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri. Tujuan yang penulis ajukan adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis nilai moral teks cerita pendek menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung; untuk mengetahui keefektifan model discovery learning digunakan dalam pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung. Adapun rumusan masalah dalam dalam penelitian ini yaitu 1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung? 2)Mampukah siswa kelas XI SMA Nasional Bandung menganasalisis nilai moral teks cerita pendek menggunakan model discovery learning? 3)Efektifkah model discovery learning digunakan dalam pembelajaran menganalis nilai moral teks cerita pendek? Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian ini eksperimen semu (quasy ekperiment) dengan desain yaitu one group pretest-postest design. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. a. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan, penulis mendapatkan nilai rata-rata 3,55. b. Siswa kelas XI mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes 39,1 dan nilai rata-rata postes 80,4, sehingga selisih antara hasil pretes dan postes 41,3. c. Model discoevry learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis nilai moral teks cerita pendek dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil dengan hasil
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 06:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 06:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15396 |
Actions (login required)
View Item |