SUNARTI, 125060963 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SUBTEMA LESTARIKAN HEWAN DAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Al-Ikhlas Kota Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVERRR.pdf Download (17kB) | Preview |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
MOTTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
Abstract
Penelitian ini menyangkut permasalahan yang ada dalam muatan pembelajaran bahasa Indonesia pada tema Selamatkan Mahluk Hidup Subtema Lestarikan Hewan dan Tumbuhan untuk meningkatkan kema mpuan menulis puisi dalam muatan bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Project Based L earing pada siswa kela s VI SD Al - Ikhlas Kota Bandung tahun pel ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan K el as (PTK). Subjek penelitiannya a dalah siswa kelas VI SD Al - Ikhlas Kota Bandung yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data ya ng digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil pem b elaj aran men ulis puisi bahasa Indonesia. Peningkatan proses pembelajaran menulis puisi ditandai dengan meningkatnya semangat dalam menulis puisi , siswa dapat memahami apa yang dijelaskan oleh guru, dan meningkatkan konsentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran menuli s puisi. Peningkatan hasil kemampuan menulis puisi yang terjadi yaitu (1) nilai rata - rata siswa siklus 1 sebesar 62,2 dengan persentase ketuntasan sebesar 16,8%, (2) nilai rata - rata siklus II sebesar 76,2 deng an persentase ketuntasan 92,3%. Jadi dapat disi mpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa menulis puisi dalam pelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci: Project Based L earning , motivasi, hasil belajar, hambatan, upaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 05:05 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 09:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15361 |
Actions (login required)
View Item |