NURUL NURJANAH, 125060197 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Tenjolaya 1 Kecamatan.Cicalengka Kabupaten.Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
00-Cover Skripsi.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
Text
Daf Pustaka full.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya, pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode konpensional. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tenjolaya 1 Kec.Cicalengka Kab. Bandung yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 14 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes, kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Target penelitian dinyatakan berhasil, jika hasil belajar siswa 80%, mendapat nilai di atas KKM yaitu 70. Sedangkan aktivitas guru dan siswa mencapai 80% dengan skala baik. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai target yang di tetapkan, pada siklus I hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 65,68 dengan ketuntasan belajar mencapai 50%, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 82,67 dengan ketuntasan belajar mencapai 83,33%. Ketercapaian RPP memperoleh nilai 3,6 atau 90% pada siklus I dan 3,8 atau 92% pada siklus II. Aktivitas siswa memperoleh nilai 1,95 pada siklus I dan mengalami peningkatan sebanyak 3,04 pada siklus ke II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Example Non Example, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 02:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 02:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15331 |
Actions (login required)
View Item |