PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV B Subtema Makananku Sehat dan Bergizi di SD Negeri Halimun Bandung)

DINI FITRIA ASTUTI, 125060127 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV B Subtema Makananku Sehat dan Bergizi di SD Negeri Halimun Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK new.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Negeri Halimun Bandung Kecamatan Lengkong Besar Kota Bandung dengan Subjek penelitian siswa kelas IV B dengan jumlah siswa 39 orang. Penelitian ini didasari oleh kurangnya Sikap Percaya Diri Siswa dan Hasil Belajar Siswa. Bedasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya, bahwa proses belajar yang dilakukan sebelumnya tidak melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya keberanian siswa untuk mengungkapkan pendapat, kurangnya sikap percaya diri siswa. Selain itu, adanya faktor lain yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu kurang profesional guru dalam menyampaikan bahan ajar, kurang memperhatikan keseluruhan siswa, guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran, kurangnya guru dalam mengasah siswa untuk melakukan tanya jawab, sehingga pembelajaran terkesan menoton dan teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa dan Hasil Belajar Siswa melalui penerapan model Problem Based Learning. Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 2 siklus, setiap siklus terdapat tiga pembelajaran dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Sikap Percaya Diri yaitu pada siklus I 62% dan siklus II 82%, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 62% dan pada siklus II 87%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 66% dan siklus II 98%. Bedasarkan hasil tersebut, maka dengan menerapkan model Problem Based Learning pada subtema makananku sehat dan bergizi dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa. Hambatan dalam penelitian ini adalah waktu > 70 menit. Upaya yang dilakukan peneliti yaitu dengan cara memberikan keringanan dalam proses diskusi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Blajar , hambatan dan upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Jan 2017 06:47
Last Modified: 27 Jan 2017 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15261

Actions (login required)

View Item View Item