RULI ANGGITA, : 075060023 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN WARINGINKARYA II (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Waringinkarya II Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover skripsi.docx Download (151kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (168kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat judul Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok Pada Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Waringinkarya II. Di lapangan menunjukan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial rendah. Hal ini diduga, guru dalam melaksanakan pembelajaran, hanya menggunakan metode yang relatif mudah dilaksanakan misalnya metode ceramah, sehingga proses pembelajaran berlangsung monoton dan siswa kurang aktif. Melalui metode kerja kelompok diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Waringinkarya II Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang pada tahun 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Berangkat dari permasalahan tersebut di atas fokus penelitian yaitu memotivasi guru untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan metode Kerja Kelompok dalam pembelajaran agar proses KBM lebih aktif, kreatif, dan mandiri sehingga dapat meningkat. Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Actions Research Class Room) dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa, mengembangkan pola pikir siswa ke arah pemikiran kritis serta menumbuhkan giat belajar dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari serta mengembangkan aktivitas dan kreativitas berfikir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Waringinkarya II Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang juga hasil wawancara dengan rekan-rekan guru bahwa metode kerja kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara optimal. Hal ini terbukti dari perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, siklus I 75 %, siklus II 77 %, dan siklus III 85 %. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa tersebut menggambarkan keberhasilan suatu penelitian, Namun guru dituntut untuk lebih professional dalam menggunakan dan memilih metode mengajar, dan harus mampu menciptakan suasana belajar yang disenangi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 19 Nov 2016 01:56 |
Last Modified: | 19 Nov 2016 02:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14109 |
Actions (login required)
View Item |