PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA TOPIK STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK pada Siswa Kelas IV SDN Rajagaluh 1 Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2011/2012).

MEGA LESTARI, 075060006 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA TOPIK STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK pada Siswa Kelas IV SDN Rajagaluh 1 Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (58kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (12MB)
[img] Text
BAB III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.docx
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan pada SDN Rajagaluh 1 bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih lebih rendah dari mata pelajaran lain. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Model penelitian ini yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan empat komponen penelitian yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), obervasi (observing), dan refleksi (reflecting) dalam suatu sistem spiral yang saling terkait. Refleksi dilakukan disetiap akhir siklus yang kemudian dijadikan acuan untuk memperbaiki dan menyusun rencana pembelajaran pada siklus-siklus berikutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus pada siswa Kelas IV SDN Rajagaluh 1 Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka sebanyak 37 siswa Topik yang diajarkan adalah Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan lembar kerja siswa. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Rajagaluh 1 pada mata pelajaran IPA topik Struktur dan Fungsi Tumbuhan setelah menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan skor gain pada siklus I adalah 8,78, siklus II 8,10, dan siklus III 7,97. Hasil Pretes pada siklus I adalah 52, siklus II 58, dan siklus III 64. Serta hasil Postes siklus I adalah 61, siklus II 66, siklus III 72. Dari hasil wawancara, guru Kelas IV SDN Rajagaluh 1 memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw ini mendapat tanggapan baik dari siswa. Kata Kunci: Model Cooperative Learning tipe Jigsaw, Struktur dan Fungsi Tumbuhan, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:48
Last Modified: 18 Nov 2016 03:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14057

Actions (login required)

View Item View Item