PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MATERI ALAT PERNAPASAN PADA MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Tanjung I Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang)

TANTI NURHIDAYANTI, 085060160 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MATERI ALAT PERNAPASAN PADA MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Tanjung I Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (46kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx tanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB 1-5 .docx

Download (377kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TNT YG BNR1.docx

Download (11kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Alat Pernapasan Pada Manusia” bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA kelas V di SDN Tanjung I. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan hanya dengan menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran, siswa hanya diperlakukan sebagai objek yang duduk rapih memperhatikan guru yang sedang menerangkan. Hal ini menyebabkan siswa jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan. Dengan menggunakan pendekatan kontekstual pembelajaran akan lebih menyenangkan dan lebih bermakna serta materi pelajaran akan lebih mudah diterima oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). yang terdiri dari tiga siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan; (2) tahap implementasi tindakan; (3) tahap observasi; dan (4) tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tanjung I dengan jumlah siswa 23, yaitu 10 orang siswa laki-laki, dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi, dan lembar tes. Berdasarkan analisis menggunakan rata-rata, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontestual yang dilakukan selama tiga siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Dengan demikian pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran di kelas. Kata kunci: Pendekatan kontekstual, hasil belajar, dan alat pernapasan pada manusia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2016 06:19
Last Modified: 05 Nov 2016 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item