IRZA ADYA SUGARDHA, 105060281 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRESENTASIKAN LAPORAN DAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SDN CIRANGRANG TAHUN AJARAN 2014/2015 ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1, 2, dan 3 pada Siswa Kelas IV SDN Cirangrang Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (46kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
Motto.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
UNGKAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (14kB) |
|
Text
abstrak irza.doc Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR IS1.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (92kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
Daftar Pustaka real.docx Download (19kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mempresentasikan laporan dan sikap percaya diri siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya dan bangsaku pembelajaran 1,2, dan 3 di kelas IV SDN Cirangrang Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung dengan menggunakan model Discovery Learning. Hal tersebut didasari oleh kurangnya kemampuan mempresentasikan laporan dan sikap percaya diri siswa yang berimbas kepada kegiatn pembelajaran siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik Evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui kemampuan mempresentasikan laporan siswa dan sikap percaya diri siswa dan kinerja guru/peneliti. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan mempresentasikan laporan dan sikap percaya diri serta hasil prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat di lihat dari persentase nilai hasil prestasi belajar siswa yang berdasarkan data awal sekitar 36,6 % , siklus I 60 %, siklus II 66,6%, siklus III 83,3%, sedangkan hasil lembar aktivitas siswa mencapai 73,3% di siklus I, 80% di siklus II, dan siklus III yang pencapai 80 %, sedangkan hasil penilaian sikap menncapai 36,6 % di siklus I, 50 % di siklus II, dan hasil akhir di siklus III telah mencapai 83,3 %, dan hasil psikomotorik siswa mencapai 62,91 di siklus I, 76,6 di siklus II,dan hasil akhir mencapai 80% Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Discovery Learning sangat menunjang terhadap kemampuan mempresentasikan laporan dan sikap percaya diri siswa pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya dan Bangsaku, pembelajaran 1, 2, dan 3 di kelas IV sekolah dasar. Hal ini disebabkan dalam penggunaan model Discovery Learning, siswa di tuntut menggali informasi sendiri dan mengetahui pengetahuan yang belum pernah diketahui sebelumnya tanpa di beritahu oleh orang lain. Kata kunci: Model Discovery Learning, mempresentasikan laporan, sikap percaya diri, dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 19:15 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 19:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13939 |
Actions (login required)
View Item |