Novianti Indah Pratiwi, 105060089 (2016) PEN ERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PEMBELA JARAN TIGA DI KELAS IV S EKOLAH D ASAR N EGERI PERUMNAS CIJERAH 3 KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstract.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran Tematik dengan Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 3 di kelas IV SDN Perumnas Cijerah 3 Kel urahan Cijerah Ke camatan Bandungkulon Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan siswa ke las IV SDN Perumnas Cijerah 3 yang kurang aktif dan kritis dalam pembelajaran dikarenakan guru kurang memberikan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa yang mengakibatkan pembelajaran kurang menyenangkan dan siswa merasa cepat bosan dengan pembelaj aran tersebut. Penelitian ini meggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Dalam setiap siklusnya dil aksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning . Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes untuk meng etahui pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai persentase peningkatan kemampuan pemahaman siswa dari siklus I sampai siklus II, hasil tes pada siklus I 60,41% dengan kategori cukup, siklus II 81,25% dengan kategori baik. Sedangkan hasil non tes pada siklus I 2,14 kategori kurang, siklus II 3,02 dengan kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat menunjang dalam peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada pembelajaran 3 kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci : Discovery Learning , Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 18:57 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 18:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13937 |
Actions (login required)
View Item |