PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran IPS pada Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SDN Haurpugur 03)

Tati Susanti, 105060121 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran IPS pada Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SDN Haurpugur 03). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (25kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
4. MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (103kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
15. Curriculum Vitae.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil tes siswa terhadap mata pelajaran IPS, yaitu masih di bawah KKM yang baru mencapai rata-rata 32,6 %. Padahal target yang diharapkan rata-rata 80%. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu hanya dengan menggunakan metode ceramah, sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat minim. Penelitian ini ditunjukan pada penggunaan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran IPS tentang Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah meningkatkan hasil belajar siswa tentang Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia melalui model CTL (contextual teaching and learning). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan tiga siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Semester II SDN Haurpugur 03 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung yang berjumlah 34 orang. 14 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Instrumen yang digunakan diantaranya adalah lembar observasi, soal proses, soal produk, LKS, afektif karakter, keterampilan sosial, wawancara, dan angket skala sikap. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) pada pembelajaran IPS menunjukan adanya peningkatan proses pembelajaran baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Target penelitian dinyatakan berhasil jika hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan 80%. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I hasil belajar siswa mendapatkan rata-rata 57,94 persentasenya 57% atau dapat dikatakan memiliki kategori kurang belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 80%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pemahaman konsep 72,79 persentase yang diperoleh 72% atau dapat dikatan memiliki kategori baik belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 80%, dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 85,88 dengan hasil persentase 83% sudah mencapai KKM yang di tentukan yaitu 80% atau dapat dikatakan memiliki kategori sangat baik. Serta hasil lembar observasi siswa nilai afektif karakter dan aspek keterampilan sosial siswa menunjukan peningkatan dan memiliki kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Diharapkan guru dapat mencoba mangkaji dan mengimplementasikan model pembelajaran tersebut tentang pokok bahasan lainnya pada pembelajaran IPS dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran IPS. Kata kunci : model CTL (contextual teaching and learning), hasil belajar, IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2016 18:40
Last Modified: 28 Oct 2016 18:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13935

Actions (login required)

View Item View Item