MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA SDN CIGONDEWAH HILIR KECAMATAN BANDUNG KULON PADA TEMA DIRI SENDIRI)

ARIP RAHMAN, 085060152 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA SDN CIGONDEWAH HILIR KECAMATAN BANDUNG KULON PADA TEMA DIRI SENDIRI). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (46kB)
[img] Text
pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
motto dan persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (203kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Pustaka anu bener.docx

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.docx
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD melalui model pembelajaran PAIKEM” bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM pada tema diri sendiri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan hanya dengan menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran, siswa hanya diperlakukan sebagai objek yang duduk rapih memperhatikan guru yang sedang menerangkan. Hal ini memberikan gambaran bahwa sebagai guru selain harus mentransfer ilmu kepada siswa juga harus membuat suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna dan materi pelajaran akan lebih mudah diterima oleh siswa. Upaya yang dilakukan guru untuk dapat meningkatkan aktivitas siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Cigondewah Hilir dengan jumlah siswa 28, yaitu 16 orang laki-laki, dan 12 orang perempuan. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi, tes, wawancara, dan angket skala sikap. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM yang dilakukan selama tiga siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Dengan perolehan hasil belajar siswa tiap siklunya sebagai berikut, siklus I pelajaran IPA 86 siswa yang hasil belajar diatas KKM ada 23 anak atau 82%, PKn 19 Tidak ada siswa yang hasil belajarnya diatas KKM atau 0%, Matematika 76 siswa yang hasil belajar diatas KKM ada 25 anak atau 89%, siklus II Bahasa Indonesia 67 siswa yang hasil belajar diatas KKM ada 19 anak atau 82,6%, IPS 80 siswa yang hasil belajar diatas KKM ada 19 anak atau 82,6%, Matematika 72 siswa yang hasil belajarnya diatas KKM ada 19 atau 82,6%, dan siklus III Bahasa Indonesia 81 siswa yang hasil belajar diatas KKM ada 24 anak atau 96%, IPS 81,4 siswa yang hasil belajar diatas KKM ada 25 anak atau 100%, Matematika 74,4 siswa yang hasil belajarnya diatas KKM ada 23 atau 92%. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM. Dengan demikian pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Oct 2016 13:07
Last Modified: 27 Oct 2016 13:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13920

Actions (login required)

View Item View Item