Riyan Rimbawan, 085060071 (2016) PENERAPAN MODEL DISKUSI PANEL UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN BERBICARA (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Terhadap Siswa Kls IV Sekolah Dasar Negeri Giri Sari Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (51kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (28kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx Download (12kB) |
|
Text
Motto Dan Persembahan.docx Download (18kB) |
|
Text
acc abstrak.rtf Download (51kB) |
|
Text
DAFTAR ISI bu euis.docx Download (19kB) |
|
Text
Acc Bab I.doc Download (75kB) |
|
Text
acc Bab II.rtf Download (209kB) |
|
Text
Acc Bab III.docx Download (33kB) |
|
Text
Acc Bab V.rtf Download (46kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Giri Sari Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat dengan subjek penlitian siswa kelas IV dengan jumlah 28 orang penelitian ini didasari rendahnya kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang belum optimal. Guru selalu menempatkan siswa sebagai objek belajar yang kurang berperan aktif dalam pengembangan semua potensi dan kemampuan yang dimilikinya, sehingga kemampuan berpikir siswa rendah. Penlitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan kemampuan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan, guru dapat memperoleh pengalaman dalam menerapkan dan mengembangkan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di SD melalui model pembelajaran Diskusi panel. Model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan terakhir tahap refleksi. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh data yg menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan persentase 66,7% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Kemampuan berbicara siswa juga mengalami peningkatan sebesar 35,71% yaitu pada pembelajaran siklus I dengan persentase rata-rata sebesar 64,28%, meningkat pada siklus II dengan persentase rata-rata 92,85%. Hal itu dikarenakan model pembelajaran Diskusi Panel merupakan strategi belajar yang menuntut keaktifan siswa dalam kelompok dan memungkinkan siswa saling membantu dalam memahami konsep, Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Diskusi Panel dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan berbicara siswa. Model pembelajaran Diskusi Panel dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 15:20 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 15:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13903 |
Actions (login required)
View Item |