MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN ISI CERITA PENDEK MELALUI METODE SOSIODRAMA DI KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa di SDN Kedung Badak 1 Kecamatan Tanah Sareal Bogor)

Zahra Alfiatunissa, 085060149 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN ISI CERITA PENDEK MELALUI METODE SOSIODRAMA DI KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa di SDN Kedung Badak 1 Kecamatan Tanah Sareal Bogor). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER 2.docx

Download (44kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
ucapan terima kasih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
semua bab 1-5.docx

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (12kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan kembali isi cerita yang dibaca, hal tersebut dikarenakan siswa merasa malu dan enggan untuk memberikan tanggapan terhadap isi cerita. sebagian besar siswa menganggap bahwa cerita merupakan materi pembelajaran yang membosankan. Sementara itu guru kesulitan dalam memilih metode yang tepat untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah pembelajaran cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah meeningkatkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan isi cerita pendek melalui metode sosiodrama dan efektifkah metode sosiodrama di kelas V. Tujuan penelitian ini yaitu memfokuskan pada bagaimana meningkatkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan isi cerita dengan menggunakan metode sosiodrama. metode sosiodrama merupakan salah satu metode dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dirasa sangat tepat untuk membangkitkan semangat siswa pada pembelajaran cerita. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kedung Badak 1 Bogor yang berjumlah 39 orang siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran bahasa Indonesia ini dilakukan dengan menggunakan metode sosiodrama khususnya pada pembelajaran cerita pendek. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejenuhan pada saat pembelajaran. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, kamera photo, tes tertulis, dan tes lisan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya sikap antusias siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia khususnya tentang cerita pendek dengan menggunakan metode sosiodrama. Jadi kesimpulan hal ini terlihat dari data nilai rata-rata evaluasi dan perubahan sikap siswa pada setiap siklus yang mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh dari bermain drama pada siklus I dengan rata-rata 65,07% , lafal 233%, intonasi 200%, ekspresi 169%, penghayatan 225% dan ketepatan menyampai isi cerita 100%. Sedangkan siklus II dengan rata-rata 92,23%. Lafal 300%, intonasi 264%, ekspresi 276%, penghayatan 287% dan ketepatan menyampaian isi cerita 256%. Pada hasil tes, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar pada siklus I dengan rata-rata 65% adalah sebanyak 15 orang yang ketuntasan (38%), sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 82% siswa sudah mencapai ketuntasan belajar berjumlah 34 orang (87%).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2016 13:15
Last Modified: 25 Oct 2016 13:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item View Item