PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PE LAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SD NEGERI MERDEKA BANDUNG

G ITA SARTIKA, 0850601 30 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PE LAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SD NEGERI MERDEKA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01.COVER DEPAN.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text
02.LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text
04.ABTRSK-KATA PENGANTAR-DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
03.KATA PERSEMBAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
Text
05.BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.BAB II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
07.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
08.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
09.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Penggunaan Model Pembelajaran Konstruktivistik Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Merdeka kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah a) Menerapkan hasil penelitian melalui upaya pembelajaran IPS dengan penggunaan media gambar sebagai sumber pembelajaran; b) Untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS pada materi tokoh - tokoh penting dalam peristiwa Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia; c) Untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Konstruktivistik dengan media gambar yang artinya adalah model pembelajara n yang mengutamakan siswa secara aktif membangun pembelajaran mereka sendiri secara mandiri dan memindahkan informasi yang kompleks. Model pembelajaran konstruktivistik dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang bersifat otoriter menjadi fasilitator Pada penelitian tindakan kelas ini, model penelitian yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart (diadaptasi dari Hopkins, 1993:48), dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen. keempat komponen tersebut meliputi : perencanaan ( planning ), implementasi tindakan ( acting ), observasi ( observing ) dan refleksi ( reflecting ). Belajar akan lebih bermakna apabila siswa mengalami apa yang mereka pelajari bukan sekedar mengetahui materi. Pendekatan ini juga memungkinkan untuk belajar dala m kelompok sehingga pengetahuan tidak hanya diperoleh dari guru saja tetapi dari teman kelompok lainnya, Dengan demikian, siswa akan berperan aktif dalam pembelajaran. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan model konstruktivistik dalam pem belajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Analisis siswa pada siklus I menunjukkan bahwa skor tertinggi 80, terendah 20 dengan nilai rata - rata 65,4. Sedangkan pada siklus II skor nilai tertinggi 100, terendah 50, nilai rata - rata 79,3. Pada siklus III skor tertinggi 100, terendah 60 dan nilai rata - rata 86,3 dengan kategori sangat baik. kata kunci : konstruktivistik, media gambar, hasil belajar, IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Oct 2016 13:08
Last Modified: 24 Oct 2016 13:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13863

Actions (login required)

View Item View Item