MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAKEM DI SMP KARTIKA SILIWANGI 2 BANDUNG. Ibnu Hajar 08.6040004

Ibnu Hajar dan Drs. Dheni Hermaen M.Sn dan Rosikin W (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAKEM DI SMP KARTIKA SILIWANGI 2 BANDUNG. Ibnu Hajar 08.6040004. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
01 Cover.docx

Download (80kB)
[img] Text
04 Abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
11 Bab 1.docx

Download (39kB)
[img] Text
12 Bab 2.docx

Download (41kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.docx

Download (21kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menganalisis sejauh mana dampak penerapan pendekatan pembelajaran model PAKEM terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni musik. Hasil eksperimen dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pretest dan posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa kelas kontrol. Hal ini dilihat dari analisis hasil belajar siswa kedua kelas. Berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata indek gain kedua kelas dengan menggunakan uji-t satu pihak, didapatkan hasil peningkatan belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0,69 atau 69%, lebih tinggi dibandingkan siswa kelas kontrol yang mengalamai peningkatan hasil belajar sebesar 0,34 atau 34% dalam skala 100% peningkatan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Kartika Siliwangi 2, Jalan Pak Gatot Raya No. 73 KPAD, Bandung, Jawa Barat. Pengambilan sampel untuk penelitian eksperimen ini dilakukan pada kelas VII. Dari lima kelas populasi yang ada di kelas VII, diambil dua kelas yang kemudian dijadikan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menerima pembelajaran seni musik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran model PAKEM adalah siswa kelas VII A. Kemudian untuk kelas kontrol yang menerima pembelajaran seni musik dengan menggunakan pendekatan model konvensional adalah siswa kelas VII B.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2013
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 06 Oct 2016 12:57
Last Modified: 06 Oct 2016 12:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13625

Actions (login required)

View Item View Item