Angga Aditya, 122050319 (2016) FUNGSI CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PELAYANAN PADA PELANGGAN DI BALAI BESAR LOGAM DAN MESIN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
ABSTRAK.doc Download (26kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (73kB) |
|
Text
COVER.docx Download (149kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Customer Service di sebuah perusahaan merupakan orang terdepan yang berhubungan dan membangun komunikasi dengan Customer ataupun dengan masyarakat umum, kemampuan komunikasi merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh seorang Customer Service, tugas utama Customer Service menyampaikan informasi dan membangun komunikasi, informasi yang disampaikan mempunyai validitas dan keakuratan yang tinggi sehingga tidak mengandung kesalahan dan mengakibatkan kesalahpahaman. Peneliti melakukan penelitian di PT. Balai Besar Logam dan Mesin Bandung untuk melihat sejauh mana efektifitas pelayanan yang diberikan oleh Customer Service, metode yang peneliti gunakan adalah observasi langsung ke lapangan dengan teknik pengambilan data yaitu wawancara dan angket dengan melibatkan 45 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Fungsi Customer Service di PT. Balai Besar Logam dan Mesin Bandung dalam melakukan pelayanan belum efektif, hal ini dikarenakan belum terbangunnya komunikasi yang baik antara Customer Service dengan Customer yang diakibatkan oleh kemampuan produck knowledge Customer Service yang rendah sehingga informasi yang disampaikan tidak akurat, selain itu seringnya Customer Service menggunakan istilah-istilah teknis yang hanya dimengerti oleh internal perusahaan, mengakibatkan komunikasi dengan Customer tidak berjalan dengan baik, karena Customer tidak memahami maksud dari istilah tersebut. Upaya-upaya yang dilakukan oleh internal PT. Balai Besar Logam dan Mesin Bandung sudah cukup baik, akan tetapi belum berdampak besar terhadap efektifitas pelayanan, evaluasi berkala terhadap pengetahuan produk Customer Service merupakan metode yang bisa digunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan produk masing-masing Customer Service, sehingga permasalahan tersebut bisa diatasi secepatnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015 |
Depositing User: | Irawan Whibiksana |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 15:10 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 15:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13574 |
Actions (login required)
View Item |