“ FENOMENA INDOVIDGRAM PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN “

MEILANI MARYAM, 112050075 (2016) “ FENOMENA INDOVIDGRAM PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN “. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (66kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (80kB)
[img] Text
BAB I (Autosaved).docx

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “FENOMENA INDOVIDGRAM PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN”. Fenomena adalah teori yang dapat digolongkan ke dalam penelitian kualitatif murni di mana dalam pelaksanaannya yang berlandaskan pada usaha mempelajari dan melukiskan ciri-ciri intrinsik fenomen-fenomen sebagaimana fenomen-fenomen itu sendiri. Peneliti harus bertolak dari subjek (manusia) serta kesadarannya dan berupaya untuk kembali kepada “kesadaran murni” dengan membebaskan diri dari pengalaman serta gambaran kehidupan sehari-hari dalam pelaksanaan penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami, sehingga tidak ada batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas bahwa kegiatan Indovidgram pada media sosial Instagram menjadi media ekspresi dan penuangan ide kreatif, Indovidgram menjadi media komunikasi dan Indovidgram sebagai gaya hidup. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Konstruksi Realitas Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Teori ini menjelaskan bahwa proses sosial melalui tindakan dan interaksinya, dimana individu menciptakan secara terus menerus suatu realitas yang dimiliki dan dialami bersama secara subyektif dan realitas sosial merupakan konstruksi sosial yang diciptakan oleh individu. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kegiatan Indovidgram pada media sosial Instagram cenderung digunakan sebagai media ekspresi dan penuangan ide kreatif. Karena konten atau fitur yang tersedia pada media sosial Instagram sangat menunjang untuk penyaluran minat dan kreatifitas para pelaku kegiatan Indovidgram. Saran yang ingin disampaikan bagi para pelaku kegiatan Indovidgram bahwa hendaknya para pengunggah melakukan kegiatan Indovidgram sebagai media ekspresi dan penuangan ide kreatif dengan memunculkan profit atau keuntungan yang positif. Hal tersebut mampu memunculkan prestasi dan keuntungan baik bagi informan selaku pelaku kegiatan Indovidgram ataupun pihak lainnya yang terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:25
Last Modified: 03 Oct 2016 13:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item View Item