PENGELOLAAN PRESENTASI DIRI PENGEMIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Studi Dramaturgi Terhadap Pengemis Disekitar Alun-alun Kota Bandung

M. Andwi Haris Z, 122050060 (2016) PENGELOLAAN PRESENTASI DIRI PENGEMIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Studi Dramaturgi Terhadap Pengemis Disekitar Alun-alun Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1.(COVER).docx

Download (37kB)
[img] Text
2.ABSTRAK FIX.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
skripsi BAB I.docx

Download (63kB)
[img] Text
skripsi BAB II.docx

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul "PENGELOLAAN PRESENTASI DIRI PENGEMIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT" (Studi Deskriptif Dramaturgi Terhadap Pengemis Disekitar Alun-alun Kota Bandung) bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perilaku Pengelolaan Presentasi Diri Pengemis di Kota Bandung. dilatarbelakangi adanya permasalahan banyaknya pengemis yang melakukan sandiwara atau berdramaturgi terhadap kehidupannya sebagai masyarakat khususnya di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi dramaturgi, yaitu peneliti dapat mengenali subjek yaitu Pengemis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan informan berjumlah 5 (lima) orang pengemis dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan kunci yang berjumlah 4 (empat) orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa panggung depan (front stage), pengemis hampir semuanya memerankan panggung depan dengan baik, mereka berperan layaknya aktor dalam suatu pertunjukan panggung drama. Pada panggung belakang (back stage) pengemis benar-benar menunjukan identitas aslinya. Sehingga pada presentasi diri mereka saat di panggung depan dan panggung belakang memiliki peran yang sangat berbeda, mereka berdramaturgi dalam menjalankan kehidupannya. Kesimpulan suatu penyampaian pesan yang dimaknai bersama dengan tujuan yang spesifik dari pengemis untuk di belas kasihani, diberi bantuan, dan mendapatkan simpati. Serta faktor penyebab mengemis karena tidak punya keahlian, aspek ekonomi, sosial dan budaya. Saran ditujukan kepada pemerintah melalui Dinas Sosial untuk memberikan bekal life skill kepada para pengemis sehingga mampu mencari pekerjaan yang layak, kepada masyarakat umum memberikan edukasi dengan cara mendukung program pemerintah dengan cara mentaati peraturan atau regulasi untuk kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 30 Sep 2016 17:18
Last Modified: 30 Sep 2016 17:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13422

Actions (login required)

View Item View Item