PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPETARIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan kelas Pada Materi Menapaki Jalan Terjal Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia di Kelas XI AP-4 SMK Negeri 15 Bandung)

DARA APRILLA, 125010067 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPETARIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan kelas Pada Materi Menapaki Jalan Terjal Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia di Kelas XI AP-4 SMK Negeri 15 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI fix.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Dara Aprilla 125010067, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di SMK Negeri 15 Bandung. Skripsi, Pendidikan Kewargannegaraan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Tahun 2016. Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sejarah. Salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang variatif, diantaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick. Penelitian ini menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan, yaitu :“Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMKN 15 Bandung?”Rumusan masalah di atas dapat dijabarkan menjadi pertanyaan penelitian sebagai berikut : (1)Bagaimana persiapan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick dengan model pembelajaran Konvensional?( 2)Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Koooperatif tipe Talking Stick dengan model pembelajaran Konvensional? (3)Apakah model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick memotivasi siswa dalam pembelajaran Pkn ? Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian yang berbentuk siklus Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa Posttest . Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa aspek intrinsik dan ekstrinsik pada mata pelajaran PKn. Hasil penelitian ini memberikan saran kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk menerapkan model yang variatif dalam proses pembelajaran seperti model pembelajaran kooperatif Talking Stick dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif tipe Talking Stick, Motivasi Belajar Siswa, PKn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Sep 2016 19:32
Last Modified: 29 Sep 2016 19:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item