PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS X SMA KARTIKA XIX-1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Tiara Nurindah Sari, 115030120 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS X SMA KARTIKA XIX-1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Me nulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Menulis dapat membuat seseorang lebih mengenali kemampuan dan potensinya. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk men ul is teks eksposisi . M etode picture and p icture , merupakan salah satu metode yang mampu me - rangsang kreatifitas siswa dalam pembelajaran . Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran memproduksi tek s eksposisi den gan menggunakan metode picture and p icture pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 . Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah 1) Mampukah penulis me rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan mengguakan me tode picture and picture pada siswa kelas X SM A Kartika XIX - 1 ? 2) Mampukah siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 memproduksi teks eksposisi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat? 3) Efektifkah media picture and picture diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1? . Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan , melaksanakan , dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan menggunak an me tode picture and picture pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 . 2) Siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 mampu mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksposisi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat. 3) Me tode picture an d picture efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 . Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun has il penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan , melaksanakan , dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan menggunakan me tode picture and picture pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3, 42 Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali . 2) Siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 mampu mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksposisi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretes sebesar 60 dan nilai rata - rata postes 77 , 2 . Peningkatannya sebesar 17,2 . 3) Me tode picture and picture efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 . Ha l ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel ( 77,2 > 60 ) pada tingkat kepercayaan 95%, dan d . b sebesar 2,04 . Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci : Pembelajaran, me mproduksi, teks eksposisi, metode picture and picture .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 19:59
Last Modified: 28 Sep 2016 19:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13235

Actions (login required)

View Item View Item