MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL INKUIRI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Talun 05 Kecamatan Ibun Pada Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman)

LENNI LATIFAH, 125060966 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL INKUIRI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Talun 05 Kecamatan Ibun Pada Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Inkuiri di Kelas IV SDN Talun 05 Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya hasil belajar siswa pada Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari II siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 78% dan meningkat pada siklus II sebesar 99%. Pada sikap percaya diri siklus I memperoleh hasil sebesar 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%. Pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I siswa berhasil meraih ketuntasan pengetahuan (kognitif) 64%, sikap (afektif) 56%, dan keterampilan (psikomotor) 56%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil posttest pada siklus I mengalami peningkatan presentase ketuntasan pengetahuan (kognitif) sebesar 87%, sikap (afektif) 86%, dan ketarampilan (psikomotor) 86%. Hal itu dikarenakan pada model inkuiri siswa yang aktif sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Talun 05 Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Dengan demikian inkuiri dapat menjadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dan diharapkan guru dapat mencoba menerapkan model pembelajaran pada materi lain dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar bisa lebih baik. Kata kunci: Model Inkuiri, dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Sep 2016 19:11
Last Modified: 28 Sep 2016 19:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13227

Actions (login required)

View Item View Item