PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARANING DENGAN TEKNIK E–LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( Penelitian Tindakan Kelas ( PTK)materi pokok “ Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara” Kelas VIII –H di SMP Pasundan 1 Bandung )

Rana Ahmad Juliana, 1250100 55 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARANING DENGAN TEKNIK E–LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( Penelitian Tindakan Kelas ( PTK)materi pokok “ Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara” Kelas VIII –H di SMP Pasundan 1 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Kata kunci (keyword) : Penerapan, model pembelajaran problem based learning , teknik E - Learning , terhadap , hasil belajar, peserta didik.. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Teknik E - Learning Untuk Terhadap Hasil Belajar Pe serta Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pancasila Sebagai Ideologi Negara Dan Dasar Negara Di Kelas VIII - H Semester 1 SMP Pasundan 1 Bandung). Penelitian ini bertujuan un tuk mengetahui persiapan yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMP Pasundan 1 Kota Bandung dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan Teknik E – Learning pada materi Pancasila Sebagai Ideologi Negara Dan Dasar Negara dan unt uk mengetahui prestasi belajar peserta didik pada mata pelejaran PKn melalui penggunaan model Problem Based Learning dengan teknik E - Learning . Permasalahan pokok dalam penelitian ini bahwa peserta didik kurang aktif dalam proses belajar mengajar pada mat a pelajaran PKn, hal ini dibuktikan dari pengamatan dan observasi peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas. Rancangan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik p os tes, observasi, wawancara, studi dokumen, dan catatan lapangan. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan rancangan analisis data yaitureduksi data, penyajian data ( dataplay ), dan validitas data. Berdasarkan data hasil observasi Penilaian RPP siklus I me ndapatkan presentase sebesar 7 5 % dan siklus II 95%, dari data hasil observasi aktti fitas guru siklus I sebesar 77 % dan siklus II 95 % dari data hasil observasi aktivitas guru siklus I siklus II terjadi suatu peningkatan, sedangkan rekapitulas i nilai tes siklus I sebesar 47,72%, dan siklus II 99,9 % dari data rekapitulasi nilai tes siklus I dan siklus II terjadi suatu peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa secara garis bes arnya model pembelajaran problem based learning dengan teknik E - Learning dapat meningkatkan hasil belajara peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 18:09
Last Modified: 28 Sep 2016 18:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13191

Actions (login required)

View Item View Item