PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

DESTRI HANDAYANI, 125050026 (2016) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER skripsi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realisti k Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan R epresentasi Matematis Siswa SMP. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa dalam bidang matematika khususnya pada jenjang menengah cenderung masih kurang . T ujuan penelitian ini adalah:1) Mengetahui apakah kemapuan representasi matematis siswa yang menggunakan PMRI lebih baik daripada yang mempe roleh pembelajaran konvensional; dan 2) Mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan P MRI. M etod e penelitian yang digunakan adalah eksperimen . Model eksperimen menggunakan desain kelompok kontrol pretes - postes. Penelitian ini dilakukan di SMP YAS Bandung dengan s ampel kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang men dapatkan perlakuan dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang mendapatkan pembelajaran biasa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi yang menggunakan pembelajaran pendekatan PMRI lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran kon vensional. Hal tersebut terbukti dari hasil pengumpulan data dan analisis data yang diperoleh dari hasil rata - rata pos test kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil Uj i - t menunjukkan nilai t ℎ 푖푡푢푛푔 lebih kecil dari t 푡푎푏푒푙 , dengan demikian maka H 푎 diterima itu berarti kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan Pendekatan PMRI lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) kemampuan representasi matematis siswa y ang mendapatkan pembelajaran pendekatan PMRI lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; dan 2) s iswa bersikap positif terha d ap bidang studi matematika dengan menggunakan pendekatan P MRI. Saran yang penulis ajukan yaitu : 1) pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran matematika; 2) disarankan untuk peneliti selanjutnya, dapat meneliti kemampuan lainnya menggunakan pe n dekatan PMRI ; dan 3) disarankan untuk peneliti s elanjutnya lebih selektif lagi me ngenai materi yang tepat untuk p endekata n P MRI. Kata kunci : PMRI , R ep resentasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 17:46
Last Modified: 28 Sep 2016 17:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item