PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas materi pokok “Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara” kelas VIII-E di SMP Pasundan 1 Bandung)

Nurjaman Ginanjar, 125010036 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas materi pokok “Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara” kelas VIII-E di SMP Pasundan 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI GEUS JADI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 siap upload.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 siap upload.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA siap upload.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Kata kunci (keyword) : Penerapan, model pembelajaran problem based learning , teknik brainstorming , meningkatkan, hasil belajar, peserta didik. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Hasil Peserta Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pancasila Sebagai Ideologi N egara Dan Dasar Negara Di Kelas VIII Semester 1 SMP Pasundan 1 Bandung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMP Pasundan 1 Kota Bandung dengan menggunakan model Problem Based Learni ng dengan Teknik Brainstorming pada materi Pancasila Sebagai Ideologi Negara Dan Dasar Negara dan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik pada mata pelejaran PKn melalui penggunaan model Problem Based Learning dengan teknik Brainstorming. Permasala han pokok dalam penelitian ini bahwa peserta didik kurang aktif dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PKn, hal ini dibuktikan dari pengamatan dan observasi peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pen elitian tindakan kelas. Rancangan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pos tes, observasi, wawancara, studi dokumen, dan catatan lapangan. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan rancangan analisis data yaitu reduk si data, penyajian data ( dataplay ), dan validitas data. Berdasarkan data hasil observasi Penilaian RPP siklus I mendapatkan presentase sebesar 82,5 % dan siklus II 95%, dari data hasil observasi akttifitas guru siklus I sebesar 81,0 % dan siklus II 91 % da ri data hasil observasi aktivitas guru siklus I siklus II terjadi suatu peningkatan, sedangkan rekapitulasi nilai tes siklus I sebesar 58,2%, dan siklus II 90,7% dari data rekapitulasi nilai tes siklus I dan siklus II terjadi suatu peningkatan hasil belaja r peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa secara garis besarnya model pembelajaran problem based learning dengan teknik brainstorming dapat meningkatkan hasil belajara peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 14:52
Last Modified: 28 Sep 2016 14:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item View Item