PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada materi Pancasila sebagai dasar dan Ideologi Negara di kelas VIII-D SMP Pasundan 2 Bandung)

NASKONI, 1250100 59 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada materi Pancasila sebagai dasar dan Ideologi Negara di kelas VIII-D SMP Pasundan 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi pancasila sebagai dasar dan ideologi negara pada siswa kelas VIII - D SMP Pasundan 2 Bandung dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray . Lokasi pen elitian ini adalah di SMP Pasundan 2 Bandung Kota Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Objek penelitian ini adalah si swa kelas VIII - D yang berjumlah 33 orang . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dua siklus, yakni siklus I dan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray , pada siklus I peneliti menerangkan materi dengan model pembelajaran yang sama pada mata pe lajaran Pendidikan Kewarganegaraan serta mengadakan post test. dan di siklus II juga peneliti menerangkan materi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray d an diakhiri dengan pemberian post test dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar. Hasil penelitian pad a hasil post test pa da siklus I sebesar 68,48% dimana 14 orang siswa yang tuntas dan 19 orang siswa belum tuntas. Pada siklus II hasil post test sebesar 90, 0 9 % dimana 33 orang siswa tuntas semua. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belaja r siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci : Kooperatif tipe two stay two stray , hasil belajar, PKn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 13:57
Last Modified: 28 Sep 2016 20:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item