PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP

Dimas Widyanarko, 125050011 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Dimas Widyanarko (125050011) : Penin g katan Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Pembelajaran Meng g unakan Pe ndekatan Matematika Realistik (PMR ) pada Siswa SMP Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jen jang pendidikan. Kemampuan komunikasi merupakan aspek yang sangat penting yang perlu dimiliki oleh siswa . Namun kemampuan komunikasi mate matis siswa ternyata masih rendah . Hal tersebut disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa dalam pro ses belajar sebab pembelajaran di dalam kelas hanya berfokus pada guru . Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah pembelajaran mengunakan P endekatan Matematika Realistik (PMR) . Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP N 2 Sukaresmi , Cianjur . Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP N 2 Sukaresmi sebanyak dua kelas yang d ipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang d igunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert . Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, Pembelajaran meng g unakan Pendekatan Matematika Realistik dan soal - soal instrumen kemampuan komunikasi . Tes diujicobaka n terlebih dahulu d i kelas VIII . Berdasarkan analisis hasil uji coba , semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 18 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Hasil analisis data menujukan 1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran meng g unakan P endekatan Matematika Realistik lebih baik dari pada pembelajaran biasa ; 2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran meng g unakan P endekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika . Peneliti selanjutnya diharapkan mengunakan populasi yang berbeda untuk mengetahui peningkatan komunikasi pada jenjang SMA atau SMK mengingat peneliti menggunakan populasi di kelas bawah (SMP). Kata kunci : Komunikasi Matematis , Pendekatan Matematika Realistik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Sep 2016 12:36
Last Modified: 28 Sep 2016 20:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13119

Actions (login required)

View Item View Item