Dimas Widyanarko, 125050011 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
cover skripsi.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
Dimas Widyanarko (125050011) : Penin g katan Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Pembelajaran Meng g unakan Pe ndekatan Matematika Realistik (PMR ) pada Siswa SMP Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jen jang pendidikan. Kemampuan komunikasi merupakan aspek yang sangat penting yang perlu dimiliki oleh siswa . Namun kemampuan komunikasi mate matis siswa ternyata masih rendah . Hal tersebut disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa dalam pro ses belajar sebab pembelajaran di dalam kelas hanya berfokus pada guru . Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah pembelajaran mengunakan P endekatan Matematika Realistik (PMR) . Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP N 2 Sukaresmi , Cianjur . Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP N 2 Sukaresmi sebanyak dua kelas yang d ipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang d igunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert . Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, Pembelajaran meng g unakan Pendekatan Matematika Realistik dan soal - soal instrumen kemampuan komunikasi . Tes diujicobaka n terlebih dahulu d i kelas VIII . Berdasarkan analisis hasil uji coba , semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 18 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Hasil analisis data menujukan 1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran meng g unakan P endekatan Matematika Realistik lebih baik dari pada pembelajaran biasa ; 2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran meng g unakan P endekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika . Peneliti selanjutnya diharapkan mengunakan populasi yang berbeda untuk mengetahui peningkatan komunikasi pada jenjang SMA atau SMK mengingat peneliti menggunakan populasi di kelas bawah (SMP). Kata kunci : Komunikasi Matematis , Pendekatan Matematika Realistik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 12:36 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 20:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13119 |
Actions (login required)
View Item |