UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI MATERI HUBUNGAN MAKANAN DENGAN KESEHATAN (Penelitian Tindak an Kelas Pada Kelas V Semester 1 SDN Sekepeuris 02 Desa Sukamukti Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung

PUTRI RISMAYANTI FAUZIYAH, 125060224 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI MATERI HUBUNGAN MAKANAN DENGAN KESEHATAN (Penelitian Tindak an Kelas Pada Kelas V Semester 1 SDN Sekepeuris 02 Desa Sukamukti Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Mata Pelajaran IPA pada Materi Hubungan Makanan Dengan Kesehatan di SDN Sekepeuris 02 Kabupaten Bandung . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: seberapa besar perolehan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pembelajaran pada materi hubungan makanan dengan kesehatan Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam pembelajaran IP A di kelas V pada materi Hubungan Makanan dengan Kesehatan. Kajian teoritis dalam penelitian ini adalah membahas tentang: (1) belajar; (2) aktvitas belajar (3) Hasil belajar, (4) Pembelajaran IP A ; (5) model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus berdaur, yaitu 3 siklus di ulangi jika tujuan yang dirumuskan belum dicapai secara optimal. Setiap siklus pembelajaran terdiri dari empat tahapan: .(1) perencanaan, (2) Pelaksanaan,(3) Pengamatan (observastion), dan (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi, catatan lapangan, lembar kerja siswa, dan lembar evaluasi yang berupa soal - soal yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPS melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, pada setiap tindakan mengalami peningkatan yang cukup baik sehingga nilai rata - rata siswa meningkat yaitu pada siklus I rata - rata 66,36, siklus II 81,5, dan siklus II I rata - rata 92,27. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Cooperative Lear ning Tipe Jigsaw , sangat menunjang terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi masalah - masalah sosial di lingkungan setempat di kelas V SDN Sekepeuris 02 Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:23
Last Modified: 27 Sep 2016 17:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13035

Actions (login required)

View Item View Item