PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara di Kelas VIII SMP Negeri 10 Bandung)

ROSANA PUTRI, 125010056 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara di Kelas VIII SMP Negeri 10 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT BAHASA INGG.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning dengan Teknik Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan” merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 10 Bandung dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan teknik think pair share pada materi Pancasila sebaga dasar negara dan ideologi negara dan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan teknik think pair share. Permasalahan pokok dalam penelitian ini bahwa masih ada siswa yang kurang aktif dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PKn, hal ini terbukti dari hasil pengamatan dan obeservasi peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Metode yang digunakan penelitian ini adala penelitian tindakan kelas. Rancangan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan rancangan anallisis data yaitu reduksi data, data display, dan validitas data. Berdasarkan data hasil observasi penilaian RPP siklus I mendapat persentase sebesar 66,67% dan siklus II 80% dari data hasil penilaian RPP dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil observasi aktifitas guru siklus I 68% siklus II 82,67% dari data observasi aktifitas guru siklus I ke siklus II mengala,I peningkatan, sedangkan rekapitulasi nilai tes siklus I 62% siklus II 82,23% dari rekapitulasi nilai siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan dalam prestasi belajar siswa. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa secara garis besarnya model Problem Based Learning dengan Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 14:51
Last Modified: 27 Sep 2016 14:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item View Item